Dukung PEN, Bea Cukai Sukseskan Ekspor Perdana Daerah

Dukung PEN, Bea Cukai Sukseskan Ekspor Perdana Daerah
Bea Cukai terus mendukung ekspor daerah dalam upaya program pemulihan ekonomi nasional. Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai menyukseskan ekspor perdana komoditas lokal di tiga daerah berbeda sebagai upaya mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN) dan menjalankan tugas fungsi trade facilitator dan industrial assistance.

Pelaksana tugas Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai Hatta Wardhana mengatakan setiap eksportasi akan sangat membantu meningkatkan perekonomian negara dan daerah asal ekspor, terlebih lagi dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Kami akan terus mendorong potensi ekspor daerah bekerja sama dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan para penggiat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)," katanya, Rabu (3/2).

Menurut dia, sinergi tersebut menyebabkan Bea Cukai dapat memfasilitasi kegiatan ekspor perdana, membuka rute ekspor langsung atau direct call export di beberapa daerah, sosialisasi dan asistensi tata laksana ekspor, serta pelayanan bagi para pelaku usaha dengan beragam fasilitas kepabeanan.

"Pada akhirnya, kinerja ekspor yang baik akan membantu pemulihan ekonomi Indonesia di masa pandemi,” ujarnya.

Hatta menyebutkan, di Ambon, 28 Januari 2021, Bea Cukai melepas ekspor perdana PT Maluku Prima Sukses berupa satu kontainer frozen yellowfin tuna loin/ikan tuna, dengan berat bersih 17,463 ton tujuan Los Angeles, Amerika melalui Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Pelepasan ekspor tersebut diinisiasi oleh Tim Peningkatan Ekspor Maluku, yang terdiri dari Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Dinas Perdagangan Provinsi Maluku, Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kelas I Ambon, Pelindo, dan PT SPIL.

Hal ini dilaksanakan sebagai wujud keikutsertaan dalam mendukung kegiatan peningkatan ekspor pada sektor perikanan.

Bea Cukai akan terus mendorong potensi ekspor daerah bekerja sama dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan para penggiat UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News