Dukung Polri, Panglima Siapkan Pasukan Cadangan TNI

Dukung Polri, Panglima Siapkan Pasukan Cadangan TNI
ILUSTRASI. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan, pihaknya siap mendukung penuh Polri dalam rangka pengamanan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2017.

Dalam acara gelar pasukan pengamanan pilkada di Monas, Jakarta Pusat, Gatot menyampaikan pada Kapolri Jenderal Tito Karnavian agar meminta bantuan TNI jika Polri mengalami kesulitan.

Gatot memastikan, akan memberikan bantuan kendali operasi (BKO) jika Polri menghendakinya.

"Jadi saya singkat saja. TNI sudah mem-BKO-kan pasukannya ke Polri. Namun dalam hal ini TNI sudah menyiapkan cadangan-cadangan. Yang berapa pun diminta oleh Kapolri, saya punya cadangan pasukan. Jadi apabila diperlukan, TNI siap mengawal pesta demokrasi ini," kata Gatot di Monas, Jakarta Pusat, Rabu (2/11).
Panglima

Mengenai aksi demo 4 November mendatang, Gatot mengaku TNI sudah memetakan tingkat kerawanannya. Sebagai langkah antisipasi, Gatot bahkan sudah menyiagakan sejumlah prajurit di pos-pos yang sudah disediakan.

Apabila demo berujung anarkistis, Tito diminta untuk segera menghubungi Gatot.

"Bahwa untuk menjamin rasa aman dari masyarakat khususnya Jakarta ini. Selain yang BKO kepada Polri. Saya juga melaporkan kepada Kapolri di tempat-tempat yang diperkirakan memungkin (rawan). Saya sudah ditempatkan pasukan-pasukan di sana. Sehingga terjadi apapun di tempat langsung merapat bersama-bersama," pungkas Gatot.(Mg4/jpnn)


JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan, pihaknya siap mendukung penuh Polri dalam rangka pengamanan pemilihan kepala daerah (pilkada)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News