Dukung Program Menkes untuk Mencari Dokter Spesialis Lulusan Luar Negeri

Dukung Program Menkes untuk Mencari Dokter Spesialis Lulusan Luar Negeri
Ilustrasi dokter spesialis. Foto: Dika Rahardjo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Komisaris PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) John Riady menyambut positif kebijakan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang menggulirkan Program 'Indonesia Memanggil Dokter Spesialis'.

Program itu ditujukan untuk memanggil para tenaga dokter spesialis lulusan luar negeri kembali melayani negeri.

“Langkah pemerintah sudah tepat, mengingat persoalan kualitas kesehatan nasional sangat bergantung pada jumlah dokter dan tenaga kesehatan yang tersedia,” kata John di Jakarta, Jumat (16/12).

John mengakui sistem kesehatan nasional hingga kini masih kekurangan tenaga khususnya dokter yang bergelar spesialis.

Dalam banyak hal, lanjutnya, sistem kesehatan nasional secara perlahan-lahan harus berbenah, sehingga bisa melewati masa sulit seperti pada masa pandemi Covid-19.

Di sisi lain, problem nyata di lapangan seperti rasio ranjang, jumlah dokter dan dokter spesialis masih membutuhkan perhatian khusus seiring bertumbuhnya populasi.

“Kami berterima kasih Program “Indonesia Memanggil Dokter Spesialis” berhasil memulangkan beberapa dokter spesialis untuk memperkuat sistem kesehatan nasional,” jelas John.

Dia menilai strategi pemerintah itupun secara perlahan-lahan akan mentransformasi sistem kesehatan nasional, sehingga tidak lagi ada cerita berbondongnya masyarakat berobat ke luar negeri untuk mencari layanan spesialis yang mumpuni.

John Riady mendukung niat pemerintah untuk mencari menyelesaikan permasalahan krisis dokter spesialis di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News