Dukung UMKM Naik Kelas, Bea Cukai Bandung Berikan Asistensi di 2 Wilayah Ini

Dukung UMKM Naik Kelas, Bea Cukai Bandung Berikan Asistensi di 2 Wilayah Ini
Bea Cukai memberikan asistensi pada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah Kota Bandung dan Kota Cimahi. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai memberikan asistensi pada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah Kota Bandung dan Kota Cimahi.

Langkah tersebut mereka lakukan demi mendorongan agar UMKM bisa naik kelas.

Bea Cukai Bandung memberikan asistensi ekspor pada CV Right Energy Oil, di Kota Bandung pada Selasa (9/5).

CV Right Energy Oil adalah salah satu UMKM yang bergerak di bidang kelestarian lingkungan hidup dengan cara mengumpulkan minyak goreng bekas pakai untuk diolah dan hasilnya dapat diekspor.

Selain mendukung penerimaan negara di sisi ekspor, ini juga dapat mendukung program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam mengurangi limbah minyak goreng.

Selanjutnya, Bea Cukai Bandung memberikan pendampingan pada dua UMKM di Kota Cimahi, yaitu CV Barokah Mandiri dan PT Zazuli Sandang Sentosa, Rabu (17/5).

CV Barokah Mandiri dan PT Zazuli Sandang Sentosa adalah UMKM berskala rumahan yang bergerak pada industri fesyen.

Selain menyajikan produk pakaian jadi, UMKM juga memproduksi masker dan alat pelindung diri (APD) untuk memenuhi kebutuhan pasar saat pandemi Covid-19. Perusahaan ini juga menyediakan souvenir dengan kapasitas produksi mencapai 2.000 buah tiap bulan.

Bea Cukai memberikan asistensi pada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah Kota Bandung dan Kota Cimahi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News