Dukung UMKM Tembus Ekspor, Bea Cukai Gandeng Pemda dan Instansi Lain Berkolaborasi

Dukung UMKM Tembus Ekspor, Bea Cukai Gandeng Pemda dan Instansi Lain Berkolaborasi
Bea Cukai senantiasa menggandeng Pemda dan instansi lain berkolaborasi untuk mendukung UMKM menembus ekspor. Foto: ilustrasi/Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai menggandeng pemerintah daerah (pemda) dan instansi lainnya untuk berkolaborasi menggali potensi daerah dan mengasistensi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) hingga dapat melakukan ekspor.

Pasalnya, produk-produk UMKM di Indonesia diyakini berpotensi besar menembus pasar ekspor.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana mencontohkan kolaborasi yang dilakukan instansinya di daerah Langsa dan Pasuruan.

Hatta menyebutkan bentuk sinergi mendorong ekspor, Kepala Kantor Bea Cukai Langsa mengadakan rapat bersama beberapa instansi terkait, seperti pemerintah daerah dan Pelindo Pelabuhan Kuala Langsa untuk mempertemukan calon eksportir dengan operator sarana pengangkut dan calon pembeli.

"Hal ini dilakukan untuk menghidupkan kembali kegiatan ekspor dan impor pada Pelabuhan Kuala Langsa," kata Hatta Wardhana melalui keterangan, Rabu (12/10).

Pada rapat tersebut juga dibahas kendala-kendala yang dihadapi para calon eksportir serta solusi untuk mengatasinya.

"Melalui rapat itu, Bea Cukai ingin membantu terlaksananya ekspor langsung dari Pelabuhan Kuala Langsa agar ekonomi dan perdagangan masyarakat di daerah tersebut lebih hidup dan lebih maju," ujarnya.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan Bea Cukai Pasuruan dengan menggelar rapat koordinasi dengan Bupati Pasuruan dan dilanjutkan kunjungan ke Kantor Wakil Wali Kota Pasuruan.

Bea Cukai menggandeng Pemda dan instansi lain berkolaborasi untuk mendukung UMKM di Langsa dan Pasuruan menembus ekspor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News