Kamis, 15 November 2018 – 15:39 WIB

Dukungan Bupati untuk Eksistensi Umat Islam di Bali

Rabu, 22 Agustus 2018 – 22:18 WIB
Dukungan Bupati untuk Eksistensi Umat Islam di Bali - JPNN.COM

jpnn.com, BADUNG - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan hewan kurban kepada umat Islam di wilayahnya yang tengah merayakan Hari Raya Iduladha. Menurutnya, kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung terhadap perayaan hari besar umat Islam merupakan upaya menjaga dan mengamalkan Pancasila.

Kepala daerah di kabupaten yang kaya objek wisata itu mengatakan, Pemkab Badung berpegang teguh pada sila kelima Pancasila tentang keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Karena itu bupati yang juga kader PDI Perjuangan tersebut berupaya menjamin keadilan bagi seluruh warganya.

"Artinya semua insan sama dapat dan sama rasa. Menjaga empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan warisan para pendiri bangsa termasuk para ulama dan kyai," ujarnya saat menyerahkan sapi kurban kepada Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Mengwi dan Abiansemal di Lapangan Pusat Pemerintahan Badung, Rabu (23/8).

Terlihat hadir pada acara itu antara lain Kejari Badung B Sunarko, Kabag Humas Setda Badung I Putu Ngurah Thomas Yuniarta, Kabid Kesbangpol Pemkab Badung I Made Arnaya dan sejumlah tokoh muslim di salah satu kabupaten di Bali itu.  Giri menambahkan, menjaga keberagaman umat eragama merupakan salah satu upaya mengisi kemerdekaan.

Giri lantas menyampaikan ungkapan tentang yang beda tidak boleh sekali-kali dipaksakan menjadi sama, tetapi yang sama tak boleh dibedakan. “Itulah  konsep yang kami lakukan, sehingga dalam mengambil kebijakan pun kami membuat program semua insan itu sama dapat dan sama rata," katanya.

Berdasarkan konsep itu, kata Giri, Pemkab Badung mengucapkan terima kasih kepada kaum muslim sekaligus mendukung eksistensi umat Islam di kabupaten berjuluk Gumi Keris itu. Pemkab Badung bahkan telah mengalokasikan bantuan untuk pembangunan masjid.

“Sekarang ada lagi pembangunan masjid di Canggu Permai, kami bantu Rp 3 miliar. Nanti  juga masjid yang ada di Abiansemal kami bantu sepenuhnya. Ini merupakan wujud dukungan kepada umat muslim yang ikut mewarnai pembangunan di Kabupaten Badung,” jelasnya.

Sedangkan Ketua PHBI Mengwi dan Abiansemal Dru Hendro mengatakan, ada 40 ekor sapi dan 90 ekor kambing yang dipotong pada perayaan Iduladha kali ini. "Maknanya yaitu sebuah pengorbanan seorang Nabi sebagai contoh pendidikan pada umat manusianya," ungkapnya.(bx/adi/yes/JPR)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar