Dukungan Jokowi di Dunia Maya Penuh Rekayasa

Dukungan Jokowi di Dunia Maya Penuh Rekayasa
Dukungan Jokowi di Dunia Maya Penuh Rekayasa

jpnn.com - JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuzy mengingatkan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) agar tidak terbuai dengan dukungan melalui dunia maya dan media massa yang mengelu-elukannya sebagai calon presiden pada Pemilu 2014. Dukungan melalui dunia maya dan media menurutnya, justru sangat rentan berbalik arah.

“Dukungan melalui dunia maya sesungguhnya semu karena mudah direkayasa sesuai pesanan. Sementara dukungan media yang didapatnya saat ini juga rentan berbalik arah. Makanya, Jokowi jangan terlena,” kata Romahurmuzy kepada wartawan di gedung DPR, Senayan Jakarta, Rabu (12/12).

Menurut politisi muda yang biasa dipanggil Romy itu, tim IT PPP telah mempelajari teknik dukungan di dunia maya. Salah satu temuannya, akun pendukung Jokowi bukan pendukung real tapi buzzer saja. Sementara dukungan media yang ada hanya ikut-ikutan saja.

Inisiasi satu isu di media, lanjutnya, bisa direkayasa tapi dampaknya bisa seperti bola salju dan hal seperti itu bisa berdampak negatif.

“Kita jangan terlalu cepat menyikapi dinamika seseorang di dunia maya. Banyaknya follower karena dunia maya penuh dengan rekayasa dan ada ribuan orang mampu membuat dirinya seolah begitu. Faktanya, akun pendukung Jokowi tidak punya follower dan lokasi pendukung hanya sekitaran Jabotabek,” ungkapnya.

Karena itu, Rommy mengingatkan masyarakat agar menilai calon pemimpin dari sisi substansi dan abaikan semua bentuk kemasan. "Terhadap Jokowi, saya menyarankan, gunakan waktu, pemikiran dan kemampuan serta dukungan dunia maya dan media untuk menyelesaikan berbagai masalah di Jakarta yang belum satupun menemukan kejelasan,” sarannya.

Selain itu, Jokowi juga dia ingatkan untuk memaknai pernyataan Ketua Umum PDIP, Megawati, bahwa untuk menjadi presiden itu gampang, tapi menjadi pemimpin itu yang sulit.

Pernyataan Mega itu, lanjutnya, merupakan pandangan dan nasihat yang tepat kepada bangsa ini termasuk Jokowi. Pemimpin itu harus memiliki bukti kerjanya, teruji dan melalui proses pematangan.

JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuzy mengingatkan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) agar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News