Dukungan Sukarelawan Jokowi Berpotensi Menangkan Prabowo-Gibran di Jateng

Dukungan Sukarelawan Jokowi Berpotensi Menangkan Prabowo-Gibran di Jateng
Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendaftarkan diri sebagai capres-cawapres ke KPU, Rabu (25/10). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dinilai mengantongi suara dari mayoritas pemilih PDIP di Jawa Tengah, serta sukarelawan Jokowi pada Pilpres 2024

Hal tersebut kian membuat Prabowo-Gibran mendominiasi dukungan di Jateng. 

“Pemilih PDIP, para sukarelawan Jokowi itu pasti ke Prabowo-Gibran. Karena sekarang sudah terpecah pemilih Jokowi di 2019 kemarin,” kata Peneliti Senior Populi Center Usep Saepul Ahyar dalam keterangannya, Minggu (5/11).

Usep menilai langkah Prabowo menggaet Gibran sebagai calon wakil presiden pendampingnya di Pilpres 2024, membuat suara PDIP dan sukarelawan Jokowi di Jateng sedang limbung.

Menurutnya, keadaan tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Prabowo untuk bisa menggerus dukungan para pemiliih PDIP dan sukarelawan Jokowi yang ada di Jateng. 

"Dari kelompok pemilih PDIP dan dari kelompok pemilih lainnya, itu sudah terpecah, dari Projo, dan sukarelawan-sukarelawan Jokowi, yang lain itu sekarang sudah berbalik mendukung Prabowo-Gibran,” imbuh Usep.

Dari survei Polling Institute periode 25-28 Oktober 2023, Prabowo-Gibran mencatatkan elektabilitas positif di Jateng. 

Prabowo-Gibran mencatatkan kenaikan elektoral di Jateng sebesar 6 persen. 

Menurut Usep, pertarungan sengit memperebutkan suara di Jateng akan tersaji di antara kubu Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud pada Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News