Dukungan Total untuk Final

Dukungan Total untuk Final
Dukungan Total untuk Final
SUKSES Uruguay melenggang ke final Copa America 2011 berhasil mengugah nasionalisme warga negeri tersebut. Termasuk sang presiden, Jose Alberto Mujica. Orang nomor satu di Uruguay itu akan menonton langsung final di Estadio Monumental di Buenos Aires, Senin dini hari (25/7).

Menteri Pariwisata dan Olahraga Uruguay Hector Lescano mengatakan bahwa Mujica begitu bersemangat setelah mengetahui Uruguay lolos ke final. "Presiden Mujica meminta semua agenda kenegaraannya akhir pekan ini dikosongkan karena dia akan bepergian ke Buenos Aires," ujar Lescano kepada Ole.

Mujica, 76, sejatinya bukan orang yag gila bola. Latar belakangnya adalah politik dan pertanian. Mujica baru memberikan perhatian lebih kepada sepak bola setelah Uruguay tampil sebagai semifinalis Piala Dunia 2010. Saat itu dia baru tiga bulan menjadi presiden.

Selain menonton final Copa America, kunjungan Mujica ke Buenos Aires juga untuk kepentingan lain yang berkaitan dengan sepak bola. Yakni, mematangkan kerjasama Uruguay-Argentina sebagai calon tuan rumah Piala Dunia 2030. Uruguay sangat getol dengan proyek itu demi peringatan 100 tahun Piala Dunia. Ya, Piala Dunia pertama (1930) memang dihelat di Uruguay.

SUKSES Uruguay melenggang ke final Copa America 2011 berhasil mengugah nasionalisme warga negeri tersebut. Termasuk sang presiden, Jose Alberto Mujica.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News