Dulu Percaya Dukun Bisa Menyembuhkan Covid-19, Sekarang Menkes Malah Positif Corona

Dulu Percaya Dukun Bisa Menyembuhkan Covid-19, Sekarang Menkes Malah Positif Corona
Ilustrasi COVID-19. Foto: covid19.kemkes.go.id

jpnn.com, SRI LANKA - Menteri Kesehatan (Menkes) Sri Lanka, Pavithra Wanniarachchi mendukung ilmu sihir dan racikan ramuan ajaib dari dukun setempat bisa mencegah covid-19.

Dia pun memperlihatkan ke publik minum ramuan tersebut untuk menangkal virus corona atau covid-19.

Dikutip dari AFP, Pavithra Wanniarachchi sempat melakukan ritual menuang ramuan tersebut ke sungai di Sri Lanka, pada November 2020 lalu. Belakangan terungkap, ramuan itu berisi campuran madu dan pala.

Ironisnya, ramuan ajaib itu ternyata tak mampu melindungi Pavithra Wanniarachchi covid-19.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Sri Lanka mengumumkan sang menteri positif Covid-19, pada Jumat 22 Januari lalu. Kini, Pavithra Wanniarachchi tengah menjalani isolasi mandiri.

"Hasil tes antigennya menyatakan positif. Dia diminta untuk mengisolasi dirinya sendiri. Semua kontak langsungnya telah dikarantina," tutur seorang pejabat Kementerian Kesehatan Sri Lanka.
 
Tak hanya Pavithra Wanniarachichi, seorang menteri junior yang juga meminum ramuan dari dukun yang sama, turut dinyatakan positif corona pada awal pekan ini. 

Sebetulnya, para dokter di negara itu telah menegaskan bahwa tidak ada dasar ilmiah ramuan ajaib bisa menangkal virus corona.

Para dokter setempat memastikan hingga saat ini belum ada obat mampu melindungi atau menyembuhkan dari Covid-19. Namun, masyarakat setempat yang masih percaya dukun justru nekat melanggar protokol kesehatan.

Menkes dengan bangga mendukung ilmu sihir dan racikan ramuan ajaib dari dukun setempat yang disebut bisa mencegah covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News