Dulu Tempat Menyimpan Istri Muda, Kini Jadi Lokalisasi Tertua

Dulu Tempat Menyimpan Istri Muda, Kini Jadi Lokalisasi Tertua
Salah satu sudut di lokalisasi Wandan, Kabupaten Tegal. Foto: Radar Tegal/JPG

jpnn.com - TEGAL - Di kawasan jalur pantai utara (Pantura) Jawa di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah terdapat sebuah lokalisasi prostitusi legendaris. Namanya adalah Wandan.

Letak Wandan di Desa Munjungagung, Kecamatan Kramat. Meski di dekat jalur Pantura Jawa, namun Wandan jauh dari permukiman penduduk.

Ternyata, Wandan bukanlah tempat yang mulanya disiapkan untuk lokalisasi. Sebab, Wandan dari sejarah berdirinya justru sebagai tempat menyimpan istri muda.

Legenda setempat memuat cerita bahwa Wandan dari nama seorang warga pribumi dari Desa Munjungagung pada 1970-an. Wandan merupakan pemborong bangunan yang memiliki sejumlah karyawan atau kuli bangunan.

Selain memiliki banyak pegawai, Wandan juga punya banyak teman. Hampir setiap hari rumahnya digunakan sebagai tempat berkumpul teman-temannya.

Bahkan, kala itu ada seorang rekan yang sengaja menitipkan istri mudanya di rumah Wandan. Karena rumah Wandan memang besar dan banyak kamar,  maka ia tak keberatan ketika ada temannya yang menitipkan istri.

Namun, setelah beberapa bulan kemudian, teman yang menitipkan istri itu ternyata  tak kunjung datang. Akhirnya, si istri simpanan yang dititipkan itu berpacaran dengan karyawan Wandan.

“Penitipan (istri muda, red) itu terjadi sekitar tahun 70-an. Berawal dari itu lah, tempat ini sekarang menjadi nama Wandan,” kata Bambang Supeno, salah satu anak kandung Wandan yang saat ini menjadi pengurus di tempat prostitusi legendaris di Tegal itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News