Dunga Mengecam, Kaka Memuji

Dunga Mengecam, Kaka Memuji
Dunga Mengecam, Kaka Memuji
JOHANNESBURG - Julio Cesar sempat mengeluh soal Jabulani.  Menurut kiper timnas Brazil tersebut, bola resmi Piala Dunia 2010 itu terlalu ringan.  Karena ringan, arahnya sulit ditebak sehingga menyulitkan penjaga gawang. Tapi, Sekretaris Jenderal (Sekjen) FIFA Jerome Valcke menolak anggapan tersebut.  Valcke bahkan balik menuding Cesar yang tak mengerti teknologi bola. 

Nah, pernyataan Valcke inilah yang memantik reaksi keras dari Carlos Dunga.  Pelatih Brazil itu mengecam Valcke, yang dinilai tak paham sepak bola karena bukan mantan pemain atau pelatih profesional.  Dunga pun sepakat dengan Cesar, kalau Jabulani memang menyulitkan pemain di lapangan.

"Dia (Valcke) harus bermain. Jika dia bermain dengan bola Jabulani, maka opininya akan berbeda. Dia merupakan tipe pria yang tak pernah turun ke lapangan. Saya ingin dia di sini saat kami latihan dan kami akan memberikannya bola. Kita lihat saja apakah dia bisa mengendalikannya atau tidak," kata Dunga seperti dikutip AFP.

Dunga bisa memahami keluhan Cesar.  Karena, sebagai kiper dia tentu paling sering bersentuhan dengan bola. "Lagi pula, bukan hanya Cesar yang protes. Beberapa pemain lain juga protes," lanjut Dunga merujuk kecaman yang pernah dilontarkan Iker Casillas (kiper Spanyol) dan Gianluigi Buffon (kiper Italia)  terhadap Jabulani.

Namun, tak semua pemain mengeluh soal Jabulani.  Masih ada yang memuji bola produksi Adidas tersebut. 

JOHANNESBURG - Julio Cesar sempat mengeluh soal Jabulani.  Menurut kiper timnas Brazil tersebut, bola resmi Piala Dunia 2010 itu terlalu ringan. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News