Dunia Hari Ini: Australia Akan Menggelontorkan Dana $2 Miliar untuk Asia Tenggara

Dunia Hari Ini: Australia Akan Menggelontorkan Dana $2 Miliar untuk Asia Tenggara
Perdana Menteri Anthony Albanese akan mengumumkan dana $2 miliar untuk meningkatkan perdagangan dan investasi Australia di Asia Tenggara. (AAP: Mick Tsikas)

Dunia Hari Ini kembali hadir dengan rangkuman laporan utama dari sejumlah negara dalam 24 jam terakhir.

Edisi Selasa, 5 Maret 2024 kami mulai dengan Australia.

Bantuan finansial Australia bagi Asia Tenggara

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengumumkan pemberian dana sebesar $2 miliar untuk meningkatkan perdagangan dan investasi Australia di Asia Tenggara.

Pemerintah Australia ingin memperluas hubungan perekonomian dengan kawasan Asia Tenggara dan memperkuat posisi strategisnya di negara berkembang, seperti Indonesia dan Vietnam.

Dana baru ini akan disebut South-East Asia Investment Financing Facility dengan fokus khusus pada proyek-proyek energi dan infrastruktur yang ramah lingkungan.

PM Albanese mengatakan dana tersebut akan menunjukkan Australia bisa berperan sebagai "pengekspor pengetahuan dan berbagi keahlian".

"Australia dan Asia Tenggara harus bersama-sama menghadapi momen ini dengan rasa optimisme," ujarnya.

Prancis memuat hak aborsi dalam konstitusi

Prancis menambahkan hak aborsi ke dalam konstitusinya, keputusan yang disambut oleh kelompok hak asasi perempuan sebagai hal yang bersejarah, meski dikritik keras oleh kelompok anti-aborsi.

Dalam kunjungan Presiden Joko Widodo dan pemimpin ASEAN lainnya ke Melbourne, Perdana Menteri Australia mengumumkan akan menggelontorkan dana untuk meningkatkan investasi Australia di Asia Tenggara

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News