Dunia Hari Ini: Presiden Joko Widodo Bertolak ke Melbourne untuk Pertemuan ASEAN

Dunia Hari Ini: Presiden Joko Widodo Bertolak ke Melbourne untuk Pertemuan ASEAN
Pertemuan Tingkat Tinggi ASEAN-Australia dimulai pada hari Senin di Melbourne. (Reuters: Lim Huey Teng, file)

Anda sedang membaca Dunia Hari Ini, edisi Senin, 4 Maret 2024.

Kami sudah merangkum laporan utama dari sejumlah negara dalam 24 jam terakhir yang diawali dari Australia.

Pertemuan pemimpin ASEAN di Melbourne

Sejumlah pemimpin dari Asia Tenggara berada di kota Melbourne untuk menghadiri pertemuan puncak diplomatik dengan Perdana Menteri Anthony Albanese.

Pertemuan diplomatik ini menjadi yang terbesar di Australia sejak tahun 2018, ketika Malcolm Turnbull mengundang para pemimpin ASEAN untuk menghadiri konferensi tinggkat tinggi di Sydney.

Ratusan pejabat, diplomat, akademisi, dan pemimpin bisnis akan berkumpul di sejumlah lokasi di Melbourne, termasuk memenuhi hotel-hotel dan kantor selama tiga hari pertemuan. 

Menlu Retno Marsudi, yang juga akan hadir, mengonfirmasi Presiden Joko Widodo yang akan hadir di Melbourne untuk pertemuan, yang juga memperingati 50 tahun hubungan ASEAN dan Australia.

"Kerja sama prioritas apa yang akan dilakukan oleh Australia dengan Asean, antara lain dari sisi kepentingan Indonesia isu yang terkait dengan energi transition itu akan menjadi penting," ujarnya, pekan lalu.

Narapidana melarikan diri dari penjara di Haiti

Hampir 4.000 narapidana kabur dari penjara utama di Haiti, dan lima orang tewas, setelah kelompok bersenjata menyerbu penjara tersebut di Port-au-Prince.

Para pemimpin ASEAN sedang berada di Melbourne untuk menghadiri pertemuan puncak memperingati 50 tahun hubungan antara Australia dan ASEAN

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News