Dunia Hari Ini: Beberapa Negara Sudah Merayakan Hari Raya Idulfitri

Dunia Hari Ini: Beberapa Negara Sudah Merayakan Hari Raya Idulfitri
Sebuah keluarga di Indonesia ini bersiap-siap pulang mudik guna merayakan Idul Fitri di kampung halaman. ((AP Photo/Achmad Ibrahim))

Selamat Hari Raya Idul Fiitri bagi Anda yang merayakannya hari ini, dan Selamat Hari Kartini!

Bagi yang baru akan berlebaran besok, selamat menunaikan ibadah puasa hari terakhir ya. Untuk menemani Anda hari ini, kami telah merangkum sejumlah berita utama pilihan dalam Dunia Hari Ini, edisi Jumat, 21 April 2023.

Indonesia resmi merayakan Lebaran hari Sabtu

Umat Muslim di berbagai negara sudah merayakan berakhirnya bulan Ramadan dan merayakan Hari Raya Idul Fitri hari ini  namun di beberapa negara perayaan ini masih diwarnai kedukaan seperti di Sudan dengan konflik yang masih berlangsung.

Juga di Yaman, di mana hampir 100 orang tewas ketika berdesakan menerima donasi amal.

Di Indonesia pengikut Muhammadiyah sudah melaksanakan shalat Ied hari Jumat sementara pemerintah Indonesia dalam keputusannya kemarin mengatakan perayaan Ied dimulai hari Sabtu.

Perbedaan hari merayakan Ied juga terjadi antara Teheran dan Riyadh dengan Saudi merayakan hari Jumat sementara Iran hari Sabtu.

Sekjen NATO berkunjung ke Ukraina

Sekjen NATO Jens Stoltenberg menyinggung keanggotaan Ukraina dalam NATO dalam kunjungan pertamanya ke ibu kota Ukraina Kyiv sejak negeri tersebut diinvasi Rusia 14 bulan lalu.

"Perlu saya tegaskan. Tempat yang tepat bagi Ukraina adalah dalam keluarga Atlantik Eropa. Tempat yang benar bagi Ukraina adalah di dalam NATO. Dan dengan berjalannya waktu dukungan kami akan membuat hal tersebut terjadi," kata Stoltenberg dalam jumpa pers bersama dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. 

Sebagian besar warga Muslim di seluruh dunia merayakan Hari Raya Idul Fitri hari Jumat menandai berakhirnya bulan Ramadan namun perayaaan Lebaran ditandai dengan kesedihan di Yaman dan Sudan

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News