Dunia Hari Ini: Gempa Bumi di Nepal Menewaskan Enam Orang dan Menghancurkan Bangunan

Dunia Hari Ini: Gempa Bumi di Nepal Menewaskan Enam Orang dan Menghancurkan Bangunan
Rumah-rumah dari tanah dan bata hancur akibat gempa. (Reuters: Nepal Army)

Selamat Hari Pahlawan, teman-teman! Sebelum memulai aktivitas hari ini, yuk kita hening sebentar untuk mengingat jasa para pahlawan kita.

Untuk melengkapi pengetahuan Anda tentang apa yang terjadi selama 24 jam terakhir, berikut kami hidangkan asupan informasi pilihan dari sejumlah negara yang kami rangkum dalam Dunia Hari Ini, edisi 10 November 2022.

Kita mulai dari salah satu negara di Asia Selatan, Nepal.

Gempa berkekuatan 6,6 pada skala Richter  melanda Nepal, menewaskan setidaknya enam orang dan menghancurkan sejumlah rumah dan bangunan di bagian barat distrik Doti.

Kepolisian Doti mengatakan lima orang lainnya cedera berat setelah delapan rumah runtuh akibat gempa.

Media lokal memperlihatkan gambar bangunan yang rusak karena gempa dan regu penyelamat yang masih berjibaku mencari korban dengan menggali reruntuhan. 

Saksi mengatakan gempa tersebut terjadi pukul 2 pagi waktu setempat dan getarannya terasa sampai di ibu kota India, New Delhi, yang berjarak 350 kilometer.

Nepal saat ini masih dalam proses membangun kembali negara itu setelah dihantam dua gempa besar pada 2015 yang menewaskan hampir 9.000 orang, meluluhlantakkan kota-kota dan kuil-kuil kuno, serta menyebabkan kerugian ekonomi hingga A$9,2 miliar.

Sejumlah informasi pilihan dari berbagai tempat di dunia telah kami rangkumkan untuk Anda, di antaranya gempa di Nepal yang menewaskan enam orang dan seorang pria Australia yang dihukum 129 tahun di Filipina

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News