Dunia Hari Ini: Gunung Berapi Aktif Terbesar di Dunia Mulai Meletus

Dunia Hari Ini: Gunung Berapi Aktif Terbesar di Dunia Mulai Meletus
Gunung berapi terbesar di dunia, Gunung Mauna Loa, mengeluarkan letusan seperti yang terpantau oleh kamera Badan Survei Geologi AS di Hawaii, 27 November 2022. (Reuters: USGS)

Anda sedang membaca Dunia Hari Ini dari ABC Indonesia, edisi Selasa, 29 November. 

Kami sudah merangkum sejumlah laporan dari penjuru dunia, agar Anda bisa 'update' dengan informasi yang terjadi dalam 24 jam terakhir. 

Kita akan memulai dari Hawaii

Gunung berapi mulai meletus

Gunung berapi aktif terbesar di dunia, Gunung Mauna Loa di Hawaii, mulai meletus  untuk pertama kalinya dalam hampir empat dekade, mengeluarkan abu dan bebatuan vulkanik.

Badan Survei Geologi AS (USGS) menyebutkan letusan sudah dimulai sejak hari Minggu tengah malam waktu setempat, di puncak kaldera yang terletak di Big Island.

Senin kemarin, aliran lahar terpantau tertahan di dalam area puncak gunung tapi tidak mengancam penduduk di sekitarnya.

"Namun, aliran lahar di wilayah puncak terlihat dari Kona. Saat ini tidak ada indikasi adanya migrasi letusan ke zona keretakan," jelas Observatorium Gunung Api Hawaii.

Jubir USGS Miel Corbett menyebutkan belum dapat diprediksi berapa lama gunung berapi meletus dan apakah dapat menyebabkan lava yang mengalir ke daerah berpenduduk. Tapi pihak berwenang sudah mulai membuka tempat perlindungan bagi penduduk setempat.

Gunung berapi aktif terbesar di dunia mulai meletus. Anda sedang membaca Dunia Hari Ini dari ABC Indonesia, edisi Selasa, 29 November.

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News