Dunia Hari Ini: Laporan PBB soal Warga Muslim Uyghur Akhirnya Keluar

Dunia Hari Ini: Laporan PBB soal Warga Muslim Uyghur Akhirnya Keluar
Rangkaian bunga dan pesan yang diletakkan di pagar Istana Kensington di London guna memperingati 25 tahun meninggalnya Putri Diana. (AP Photo: Alastair Grant)

Selamat datang di bulan September!

ABC Indonesia merangkum berita-berita utama yang terjadi dalam 24 jam terakhir dalam Dunia Hari Ini, edisi Kamis 1 September 2022.

Peringatan 25 Tahun Meninggalnya Putri Diana

Mereka yang mencintai keluarga kerajaan Inggris meninggalkan pesan dan bunga di Paris dan London untuk memperingati 25 tahun meninggalnya Putri Diana.

Di Paris, warga memberikan balon dan gambar-gambar di dekat patung Flame of Liberty. Sementara di Inggrs warga menaruh bunga dan pesan di Istana Kensington, London,  tempat di mana Diana pernah tinggal sebelum meninggal.

"Tidak terasa sudah 25 tahun, padahal rasanya seperti terjadi kemarin," kata Jane Crook salah seorang yang memberikan penghormatan.

Putri Diana bersama pacarnya, Dodi Fayed, berserta sopir Henri Paul meninggal ketika mobil yang mereka tumpangi menabrak beton di Terowongan Alma, Paris, 31 Agustus 1997.

Laporan PBB mengenai Xinjiang

Laporan Komisi Hak Asasi Manusia di PBB yang sudah lama ditunggu-tunggu akhirnya keluar.

Dalam laporan setebal 48 halaman tersebut disebutkan penahanan terhadap warga Muslim Uyghur dan warga minoritas lainnya di kawasan Xinjiang di Tiongkok kemungkinan bisa masuk dalam kategori kejahatan terhadap kemanusiaaan.

Kami merangkum berita utama dunia hari ini, diantaranya: PBB akhirnya mengeluarkan soal laporan soal penahanan warga Muslim Uyghur, serta aturan COVID-19 di Australia kembali dilonggarkan

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News