Dunia Hari Ini: Mahfud MD Resmi Mundur dari Kabinet Jokowi

Dunia Hari Ini: Mahfud MD Resmi Mundur dari Kabinet Jokowi
Mahfud MD telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menkopolhukam. (ANTARA, dok. Kemenkopolhukam)

Selamat membaca kembali Dunia Hari Ini!

Pada edisi Jumat, 2 Februari 2024, kami telah merangkum kejadian dunia selama 24 jam terakhir.

Berita utama dari Indonesia.

Mahfud MD mengundurkan diri dari kabinet Jokowi

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD resmi mengundurkan diri dari posisi di Kabinet Indonesia Maju (KIM).

Sebelumnya, marak desakan agar menteri aktif dalam kabinet Jokowi yang menjadi kontentan pilpres yakni Mahfud MD dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mundur dari jabatannya, termasuk Gibran yang saat ini berstatus sebagai Wali Kota Solo.

"Saya ndak punya harapan tentang kandidat lain. Saya menghadap presiden dan minta mundur itu karena etika saya. Tidak terkait dengan etika menteri-menteri lain," kata Mahfud kepada wartawan, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (01/02).

Belum diketahui siapa yang akan menggantikan posisi Mahfud di kabinet, namun sejumlah pengamat memprediksi Presiden Jokowi akan memilih seseorang yang tidak berasal dari PDIP.

Nama Agus Harimurti Yudhoyono, mantan pimpinan Mahkamah Konstitusi Jimly Asshidiqqie, juga Yusril Ihza Mahendra santer disebut-sebut sebagai calon pengganti Mahfud MD.

Menko Polhukam Mahfud MD yang berlaga dalam kontestasi Pemilu 2024 sebagai cawapres pendamping Ganjar Pranowo secara resmi mengundurkan diri

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News