Dunia Hari Ini: PM Selandia Baru Jacinda Ardern Tiba-tiba Mengundurkan Diri

Dunia Hari Ini: PM Selandia Baru Jacinda Ardern Tiba-tiba Mengundurkan Diri
Jacinda Ardern mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Perdana Menteri Selandia Baru mulai 7 Februari 2023. ()

Kabar mengejutkan datang dari Selandia Baru setelah Jacinda Ardern secara tiba-tiba mengumumkan pengunduran dirinya sebagai perdana menteri mulai 7 Februari mendatang. Ia tidak menyebutkan alasannya mengapa.

Di Bali, seorang terdakwa yang diajukan ke pengadilan dengan tuduhan menyelundupkan narkoba, telah divonis dengan hukuman menjalani rehabilitasi selama 8 bulan. 

Dunia Hari Ini juga menurunkan laporan tentang bos judi Macau yang telah divonis 18 tahun penjara serta PHK besar-besaran di perusahaan raksasa teknologi informasi Microsoft.

Jacinda Ardern mundur, alasannya belum jelas

Jacinda Ardern mengumumkan pengunduran dirinya yang mengejutkan sebagai Perdana Menteri Selandia Baru, sekaligus menetapkan Pemilu pada 14 Oktober mendatang. Pengunduran dirinya akan berlaku terhitung mulai 7 Februari.

PM Ardern tampak menahan air mata saat mengumumkan hal ini pada hari Kamis (19/01) saat dia menyebutkan dirinya tidak memiliki energi untuk mencalonkan diri kembali.

"Saya tahu apa yang dibutuhkan oleh pekerjaan ini. Saya sadar bahwa saya tidak lagi memiliki cukup persediaan bekal untuk dapat menjalankannya dengan baik," katanya seraya menambahkan keluarganya tetap mendukungnya untuk melanjutkan karir sebagai politisi, tapi mereka juga setuju dengan keputusannya ini.

"Memimpin suatu negara dalam masa damai itu hal biasa. Memimpin melalui masa krisis itu berbeda. Saya mendapat keistimewaan untuk bersama-sama warga Selandia Baru menghadapi krisis dan mereka menaruh kepercayaan pada saya," katanya.

Terkait dengan Pemilu pada bulan Oktober, PM Ardern yakin partainya, Partai Buruh Selandia Baru, akan menang, tapi dia mengisyaratkan bahwa Wakil Perdana Menteri Grant Robertson tidak akan mencalonkan diri sebagai pemimpin partai.

Jacinda Ardern secara tiba-tiba mengumumkan pengunduran dirinya sebagai perdana menteri Selandia Baru terhitung mulai 7 Februari mendatang

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News