Dunia Hari Ini: Rumah Sakit Korea Selatan Siaga Akibat Dokter Mogok Kerja

Dunia Hari Ini: Rumah Sakit Korea Selatan Siaga Akibat Dokter Mogok Kerja
Para dokter melakukan protes di depan Kantor Kepresidenan di Seoul. (Reuters: Kim Soo-Hyeon)

Selamat hari Jumat!

Dunia Hari Ini edisi 23 Februari 2024 kembali dengan laporan pilihan yang terjadi di sejumlah tempat selama 24 jam terakhir.

Ribuan dokter magang Korea mogok kerja

Dokter peserta magang di Korea Selatan telah membuat rumah sakit di negara tersebut dalam status siaga merah karena mogok massal selama tiga hari.

Para dokter yang masih dalam masa pelatihan tidak bekerja sebagai bentuk protes terhadap rencana pemerintah menaikkan biaya kuliah kedokteran untuk memperbaiki sektor kesehatan.

Rumah sakit terpaksa menolak pasien dan membatalkan prosedur, yang dikhawatirkan akan mengganggu sistem kesehatan jika perselisihan berlanjut.

Sejauh ini, lebih dari 8.400 dokter telah bergabung dalam aksi mogok tersebut, yang setara dengan sekitar 64 persen dari keseluruhan dokter residen dan dokter magang di Korea Selatan.

Istri dan anak tokoh oposisi Rusia berduka

Istri Alexei Navalny, Yulia, mengatakan ia dan putrinya Dasha saling menghibur menyusul berita kematian mendadak suaminya.

Ketika ribuan orang menambahkan nama mereka ke petisi yang menuntut pemulangan jenazah Navalny, Yulia Navalnaya memposting foto di X yang menunjukkan dirinya dan Dasha bersama.

Hampir dua pertiga dokter magang di rumah sakit Korea Selatan mogok kerja, menolak kenaikan harga uang kuliah mereka

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News