Dunia Hari Ini: Ukraina akan Memenangkan Perang dengan Rusia?

Dunia Hari Ini: Ukraina akan Memenangkan Perang dengan Rusia?
Presiden Volodymyr Zelensky menyanyikan lagu kebangsaan Ukraina saat bendera dikibarkan di kawasan Izium. (AP: Ukrainian Presidential Press Office)

Bagaimana pekan Anda sejauh ini? Sabar, akhir pekan hanya tinggal dua hari lagi.

Di edisi Kamis, 15 September 2022, Dunia Hari Ini akan merangkum sejumlah laporan utama untuk Anda yang terjadi dalam 24 jam terakhir.

Kita mulai dari Ukraina.

Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan tentara Ukraina sudah membebaskan kawasan seluas 8.800 kilometer persegi sejauh ini dan pasukannya akan mulai mengambil kembali kawasan Lyman.

Rabu kemarin (14/09) Presiden Zelenskyy mengunjungi Izium, kota yang empat hari lalu masih menjadi benteng utama dan pusat logistik Rusia. 

Di tempat itulah Presiden Zelenskyy menyaksikan bendera Ukraina dikibarkan di depan gedung dewan kota yang hangus. Dalam unggahan di saluran Telegram kepresidenan, ia mengatakan:

"Bendera biru-kuning kami sudah berkibar di Izium yang tidak lagi diduduki. Dan itu akan terjadi di setiap kota dan desa Ukraina."

Situasi bulan ini berbalik secara drastis setelah pasukan Ukraina melakukan serangan lapis baja yang cepat di wilayah timur laut Kharkiv dan memaksa Rusia menarik pasukannya dari sana.

Presiden Ukraina mengklaim akan memenangkan perang dengan Rusia, serta senangnya anak-anak keturunan Afrika melihat cuplikan The Little Mermaid yang berkulit hitam, menjadi bagian dari Dunia Hari Ini edisi Kamis, 15 September

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News