Dunia Hari Ini: Warga Sydney Muak dengan Jadwal Kereta

Dunia Hari Ini: Warga Sydney Muak dengan Jadwal Kereta
Kantor PM Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare (tengah) memperingatkan akan melarang masuknya wartawan asing ke sana. (AFP: William West)

Anda sedang membaca Dunia Hari Ini dari ABC Indonesia edisi Kamis, 25 Agustus 2022.

Kami merangkum berita-berita dari berbagai dunia sehingga Anda bisa lebih cepat mengikuti perkembangan dunia dalam 24 jam terakhir.

Peringatan untuk wartawan asing

Pemerintah Kepulauan Solomon mengeluarkan peringatan kepada wartawan asing yang tidak mengikuti protokol yang berlaku, akan dilarang untuk masuk negaranya.

Peringatan tersebut muncul dari Kantor Perdana Menteri Manasseh Sogavare, Rabu kemarin, setelah tayangan program televisi 'Four Corners' dari ABC soal kehadiran Tiongkok di negara kepulauan Pasifik tersebut.

Menurutnya, ABC dan program Four Corners telah melakukan stereotip rasial dan "menggunakan informasi yang salah serta distribusi informasi yang merugikan dan sudah direncanakan."

ABC menolak tuduhan tersebut dengan mengatakan mereka hanya berbicara dengan warga Solomon soal kekhawatiran mereka mengenai kehadiran Tiongkok di sana, dan bukan berbicara dengan pakar asing.

"ABC atau media asing lainnya harus memahami bahwa perilaku wartawan yang bisa dilakukan di negara lain tidak berarti bisa dilakukan juga di Pasifik," kata pernyataan kantor PM Solomon.

Jika Anda ingin menonton laporan Four Corners dari Kepulauan Solomon, ini videonya:

Jadwal kereta di Sydney terlambat lagi, Pemerintah Solomon berikan peringatan, dan NASA yang keluarkan suara 'Black Hole'

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News