Dunia Puji Aksi Pak Jokowi Kelola Lahan Gambut

Dunia Puji Aksi Pak Jokowi Kelola Lahan Gambut
Menteri Siti Nurbaya (empat kiri). Foto: KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Direktur eksekutif Program Lingkungan PBB (UNEP), Erik Solheim, memuji langkah-langkah yang dilakukan pemerintahan Presiden Joko Widodo alias Pak Jokowi dalam upaya pemulihan ekosistem gambut.

Sebagai salah satu negara dengan lahan gambut terluas di dunia, dengan luas lebih dari 15 juta ha, Indonesia disebut sukses mengelolanya dengan baik.

Pasca kebakaran hutan dan lahan (karhutla) hebat tahun 2015, terutama kebakaran gambut yang sangat sulit dipadamkan, pemerintahan Jokowi secara efektif menjadikan kebijakan perbaikan tata kelola gambut sebagai prioritas nasional, melalui penerbitan peraturan perundangan maupun langkah-langkah aksi nyata implementasi di lapangan untuk upaya pencegahan terulangnya kembali kebakaran gambut.

"Rusaknya lahan gambut di seluruh dunia akan menjadi pukulan besar terhadap Perjanjian Paris dan bagi generasi mendatang,'' kata Solheim dalam pertemuan tingkat tinggi sebagai rangkaian pertemuan Mitra Kerja Global Peatland Initiative (GPI) di Brazzaville, Republik Kongo, Kamis (22/3) waktu setempat.

Solheim juga meminta Republik Kongo dan Republik Demokratik Kongo untuk belajar dari pengalaman Indonesia dalam upaya pemulihan ekosistem gambut.

"Republik Kongo dan Republik Demokratik Kongo harus belajar dari Indonesia yang berupaya keras memperbaiki kesalahan-kesalahan masa lalu dalam hal pengelolaan ekosistem gambut. Yang terutama adalah kepemimpinan Presiden Jokowi dan Menteri Siti Nurbaya dalam rangka pengendalian kebakaran gambut,'' ujar Solheim.

"Termasuk keberhasilan dalam koordinasi dengan TNI, Polisi, masyarakat, dan LSM. Penegakan hukum terhadap pelanggaran-pelanggaran juga sangat mendukung upaya percepatan pemulihan ekosistem gambut," tambahnya.

Pada pertemuan ini Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, Dr Siti Nurbaya Bakar, hadir sebagai pembicara kunci.

Indonesia disebut dunia internasional sukses mengelola lahan gambut seluas lebih dari 15 juta hektare dengan baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News