Dwinanto: Perusahaan Seharusnya Buka Infomasi soal Program CSR 

Dwinanto: Perusahaan Seharusnya Buka Infomasi soal Program CSR 
Dr. Dwinanto Kurniawan, M.Ikom, CSRS (kedua dari kanan) resmi menyandang doktor ilmu komunikasi di Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid Jakarta. Foto dok. Dwinanto

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Strategy and Planning di PT Polytama Propindo Dr. Dwinanto Kurniawan, M.Ikom, CSRS resmi menyandang doktor ilmu komunikasi di Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid Jakarta. 

Dalam sidang terbuka pada 20 Februari 2024, Dwinanto berhasil mempertahankan disertasinya berjudul “Model Pengelolaan Informasi Efektif dalam Implementasi Program Corporate Social Responsibility”. 

Sesuai pengamatannya, perkembangan dunia bisnis saat ini ditandai dengan adanya keterbukaan dan transparansi perusahaan. Salah satu informasi yang penting diungkap oleh perusahaan adalah mengenai aktivitas sosial dalam program Corporate Sosial Responsibility (CSR). 

Pengungkapan informasi terkait aktivitas CSR masih bersifat sukarela sehingga tingkat kesadaran perusahaan untuk melakukan pelaporan masih rendah di Indonesia.

Hal inilah yang menjadi keprihatinan Dwinanto untuk melakukan pengamatan terhadap upaya perusahaan dalam mengungkapkan, mengelola dan menginformasikan aktivitas program CSR. 

Dwinanto berpendapat bahwa persepsi negatif stakeholders (masyarakat) muncul karena adanya kesenjangan informasi atau information lost yang nantinya mengakibatkan  komunikasi tidak berjalan dengan baik. 

"Saya mengembangkan model pengelolaan Informasi efektif dalam implementasi program Corporate Social Responsibility untuk mengatasi isu lingkungan yang sering dialami perusahaan," kata Dwinanto.

Dwinanto mengemukakan topik pengungkapan atau keterbukaan informasi sangat penting dibahas terutama untuk membangun kepercayaan dan transparansi  antara perusahaan dan stakeholders, yang merupakan dasar dari hubungan yang sehat dan berkelanjutan.  

Dr. Dwinanto Kurniawan, M.Ikom, CSRS dalam disertasinya mengatakan perusahaan seharusnya membuka infomasi soal program CSR 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News