E-Book Kiat 50 Instagramer Jaga Bumi Di Rumah Saja Dirilis

E-Book Kiat 50 Instagramer Jaga Bumi Di Rumah Saja Dirilis
Peringatan Hari Bumi. Foto : Instagram KLHK

jpnn.com, JAKARTA - E-book bertajuk 'Kiat 50 Instagramer Jaga Bumi #DirumahSaja' gagasan peserta lomba Instagram yang digelar oleh The Climate Reality Project Indonesia bulan lalu, diluncurkan ke publik pada Selasa, (19/5).

Manager Climate Reality Indonesia DR. Amanda Katili Niode mengatakan lomba Instagram dilaksanakan untuk memeringati 50 tahun Hari Bumi pada 22 April lalu. 

"Kegiatan ini diharapkan memberikan inspirasi positif bagi masyarakat tentang upaya-upaya ringan, bersahaja, namun kreatif dalam menjaga kelestarian bumi dengan di rumah saja selama masa pandemi. Berbagai upaya tersebut, baik berbasis internet maupun tidak, dapat dilakukan masyarakat umum," jelas Amanda.

Ebook Kiat 50 Instagramer Jaga Bumi #DirumahSaja' merupakan kumpulan kiat yang terpilih dari 360 unggahan lomba, didahului dengan informasi dasar tentang krisis iklim dan solusinya serta penjelasan tentang Covid-19 dan krisis iklim untuk memberikan konteks pada inspirasi para instagramer.

Kiat-kiat dikategorikan menjadi: Berkebun untuk Bumi dan Manusia; Manfaat Keanekaragaman Hayati; Hemat Sumber Daya Alam; Konsumsi Pangan Lokal; Reduce, Reuse, Recycle; Anak Cinta Lingkungan; dan, Menuju Aktivitas Digital.

Selain itu juga ada lembar informasi berisi akun Instagram berbagai organisasi dan lembaga pemerintah yang bergiat dalam bidang perubahan iklim. Ini disiapkan bagi para instagramer yang ingin menambah pengetahuan guna memperkaya konten masing-masing.

Climate Reality Indonesia berharap buku ini dapat menjadi pendorong bagi masyarakat untuk bersama-sama memahami ilmu pengetahuan tentang lingkungan hidup dan perubahan iklim, mengamati dampaknya, berperan mencari solusinya, serta bersatu dalam menyikapi krisis iklim baik secara online, dalam jaringan, maupun offline, luar jaringan.

“Saya atas nama Climate Reality Indonesia menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh peserta lomba, juga kepada Amril Taufik Gobel dan Katerina, dua blogger dan content creator Indonesia yang ikut membantu kegiatan lomba, menjadi juri dan ikut aktif bertindak sebagai kurator e-book," ucapnya.

Ebook Kiat 50 Instagramer Jaga Bumi #DirumahSaja' merupakan kumpulan kiat yang terpilih dari 360 unggahan lomba, didahului dengan informasi dasar tentang krisis iklim dan solusinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News