Eden Farm Dukung Program Closed Loop Pilot Project di Garut

Eden Farm Dukung Program Closed Loop Pilot Project di Garut
Program Closed Loop diharapkan jadi pilot project untuk seluruh daerah di Indonesia. Foto; dok. Eden Farm

jpnn.com, JAKARTA - Kemenko Perekonomian berharap program Closed Loop Agribisnis Hortikultura yang sudah berjalan di Kabupaten Garut, terus berkembang.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Mohammad Rudy Salahuddin berharap program tersebut bisa dijadikan sebagai pilot project di daerah seluruh Indonesia.

"Ini kan bisnis model yang baru pilot project untuk close loop terintegrasi dari hulu ke hilir. Nah ini kalau bisa direplikasi ke daerah-daerah lain,” kata dia dalam siaran persnya, Sabtu (27/11).

Menurut Rudy, Closed Loop merupakan program untuk membantu petani melalui ekosistem digital. Dalam program tersebut petani akan memiliki pasarnya sendiri yang lebih menguntungkan.

"Mereka akan bertani sesuai dengan kebutuhan pasar, sehingga hasil tani yang nantinya dihasilkan bisa langsung diterima oleh off taker sebagai penyalur hasil tani," kata dia.

Rudy menambahkan bahwa program ini bisa direplikasikan ke daerah lain maka akan luar biasa, sehingga petani-petani juga akan sejahtera dengan sistem yang baik.

Sementara itu, Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan kunjungan dari Kemenko Perekonomian ke salah satu model Closed Loop di kawasan Kecamatan Cikajang tersebut sangat penting.

Nantinya, model tersebut juga akan dikembangkan di daerah lain sehingga diharapkan dapat lebih meningkatkan kesejahteraan petani dan memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat luas.

Program Closed Loop diharapkan bisa dijadikan sebagai pilot project di daerah seluruh Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News