Edi Slamet Irianto: Pajak Implementasi Nyata Nilai Luhur Pancasila

Edi Slamet Irianto: Pajak Implementasi Nyata Nilai Luhur Pancasila
Edi Slamet Irianto. Foto: Dok pri

jpnn.com, JAKARTA - Dosen Pascasarjana Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia Edi Slamet Irianto mengatakan, pajak merupakan implementasi nilai-nilai Pancasila.

Secara ekonomi, kata Edi, pajak adalah peralihan sumber daya ekonomi dari sektor privat kepada publik.

“Dalam konteks ini pajak berfungsi menjalankan distribusi pendapatan dari sumberdaya ekonomi yang kuat kepada kelompok masyarakat ekonomi lemah,” kata dia, Senin (13/7).

Edi menambahkan, negara berkewajiban membuat regulasi baku untuk mengumpulkan sumber daya ekonomi yang didapat dari pungutan pajak.

Setelah itu negara melakukan pengelolaan secara cermat.

“Kemudian mendistribusikan hasil pajak dalam bentuk berbagai sektor pembangunan maupun dalam bentuk subsidi sosial ekonomi yang bermuara untuk kesejahteraan rakyat Indonesia," jelas Edi.

Menurut Edi, dalam skema itu terlihat dengan jelas bentuk kegotongroyongan antar sesama warga bangsa.

"Secara politik kebangsaan kesadaran membayar pajak merupakan komitmen semua elemen bangsa dalam memberikan dukungan politik ekonomi guna menciptakan tujuan negara untuk berdaulat dan mandiri secara ekonomi," ujar Edi.

Dosen Pascasarjana Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia Edi Slamet Irianto mengatakan, pajak merupakan implementasi nilai-nilai Pancasila.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News