Edukasi Gizi YAICI dan PP Muslimat NU Jangkau Locus Stunting Tertinggi di Indonesia

Edukasi Gizi YAICI dan PP Muslimat NU Jangkau Locus Stunting Tertinggi di Indonesia
Edukasi gizi YAICI dan PP Muslimat NU jangkau locus stunting tertinggi di Indonesia. Foto: Dok. YAICI

jpnn.com, JAKARTA - Lima kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT) masuk dalam prevalensi sepuluh daerah dengan angka stunting tertinggi dari 246 kabupaten/kota yang menjadi prioritas percepatan penurunan stunting di Indonesia.

Kelima kabupaten tersebut ialah Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Alor, Sumba Barat Daya, dan Manggarai Timur.

Studi Status Gizi Indonesia (SSGI)  2021 menyebutkan, kabupaten/kota dengan prevalensi stunting tertinggi ialah Timor Tengah Selatan (48,3%) dan menyusul Timor Tengah Utara (46,7%).

Sebanyak 48 dari 100 anak di Timor Tengah Selatan dan sebanyak 46 dari 100 anak di Timor Tengah Utara mengalami stunting. Angka ini lebih tinggi dua kali lipat dari ambang batas kejadian stunting yang ditetapkan oleh WHO, yaitu 20%.

Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia (YAICI), dalam rangka mendukung percepatan penurunan prevalensi stunting meningkatkan jangkauan edukasi gizi bersama mitra lembaga masyarakat maupun institusi pendidikan.

Salah satunya kemitraan dengan PP Muslimat NU, organisasi masyarakat berbasis keagamaan terbesar di Indonesia.

Edukasi dilakukan dengan memberikan pembekalan mengenai kebutuhan gizi keluarga, isi piringku serta makanan tinggi kandungan gula yang dapat mengganggu tumbuh kembang anak seperti penyalahgunaan susu kental manis.

“Kami telah melakukan edukasi dengan memberikan pembekalan terhadap kader PP Muslimat NU di kota Kupang, di So’e di Timur Tengah Selatan dan juga di kota Kefamenanu , Timur Tengah Utara. Selain pembekalan, kami juga melakukan penelusuran langsung ke rumah-rumah penduduk yang memiliki balita yang terindikasi kurang gizi, gagal tumbuh maupun stunting untuk menggali faktor-faktor yang mempengaruhi dan bagaimana asupan gizi keluarga,” kata Ketua Harian YAICI Arif Hidayatt.

YAICI bersama PP Muslimat NU mendukung percepatan penurunan prevalensi stunting meningkatkan jangkauan edukasi gizi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News