Efektifkah Bawang Putih untuk Antibiotik?

Efektifkah Bawang Putih untuk Antibiotik?
Bawang Putih. Foto: Humas Kementan

jpnn.com - Bawang putih memang jagoan sebagai penyedap rasa atau penambah aroma. Namun, belum banyak orang yang tahu bahwa bawang putih juga memiliki kandungan antibiotik alami.

Memiliki nama ilmiah Allium sativa, bawang putih telah lama digunakan untuk memerangi virus dan bakteri. Ilmuwan terkemuka asal Prancis, Louis Pasteur, pada 1958 bahkan telah menemukan bahwa bawang putih bisa membunuh bakteri. Mulai dari zaman pertengahan, bawang putih juga digunakan untuk menyembuhkan luka dan mencegah infeksi.

Menurut dr. Kartika Mayasari kepada KlikDokter, obat antibiotik memang bisa menyelamatkan nyawa manusia karena mempunyai fungsi membunuh bakteri dalam tubuh.

Meski begitu, antibiotik tak selamanya bagus untuk tubuh. Salah satu efek sampingnya adalah resistensi antibiotik, utamanya jika penggunaannya tidak sesuai anjuran dokter. Resistensi antibiotik adalah kondisi ketika bakteri atau virus yang harusnya mati malah kebal terhadap antibiotik. Akhirnya, antibiotik menjadi tidak berguna dan tak bisa menyembuhkan penyakit.

Coba dulu yang alami

Antibiotik nyatanya tak hanya berbentuk pil, tapi juga bisa datang dari tumbuh-tumbuhan alami. Salah satunya adalah bawang putih. Bawang putih memiliki senyawa utama yang disebut allicin. Jika Anda pernah mencium bau bawang putih yang khas, itu berasal dari allicin. Kandungan ini juga yang ternyata bertugas sebagai antibakteri dan efektif untuk melawan parasit.

Selain itu, memang ada banyak kandungan kimia dalam bawang putih yang telah dipelajari sebagai antibiotik potensial. Dalam sebuah studi pada 2011 yang diterbitkan dalam jurnal medis “Mikrobiologi Terapan dan Eksperimental”, beberapa senyawa yang terkandung dalam bawang putih mampu berinteraksi dengan bakteri dan efektif melawan bakteri Campylobacter jejuni. Bakteri ini biasanya biang kerok keracunan makanan.

Sementara itu, studi lain yang diterbitkan dalam "Journal of Medicinal Food" menyebutkan bahwa allicin dapat membunuh beberapa bakteri mulut patogen, seperti Streptococcus mutans dan Porphyromonas gingivalis. Keduanya merupakan penyebab kerusakan gigi dan mulut.

Antibiotik nyatanya tak hanya berbentuk pil, tapi juga bisa datang dari tumbuh-tumbuhan alami. Salah satunya adalah bawang putih.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News