eFishery Hadirkan DPS, Solusi Cegah Wabah Penyakit pada Tambak Udang

eFishery Hadirkan DPS, Solusi Cegah Wabah Penyakit pada Tambak Udang
eFishery. Foto dok eFishery

jpnn.com, BANDUNG - eFisheryFarm menghadirkan Disease Prevention System (DPS), yakni layanan yang memberikan protokol pencegahan wabah penyakit pada tambak udang.

DPS juga memberikan solusi pengaturan kualitas air yang efektif dan ramah lingkungan dengan berbasis teknologi.

Mengingat serangan wabah penyakit Acute Hepatopancreatic Necrosis Disease (AHPND) dan Early Mortality Syndrome (EMS) kerap menjadi momok menakutkan bagi petambak udang di seluruh dunia.

Selain itu, pemerintah juga menargetkan Indonesia menjadi pengekspor udang terbesar nomor satu di dunia dan memastikan ekspor udang naik hingga 250% pada 2024 mendatang.

"Untuk mencapai target tersebut, kapasitas produksi perlu ditingkatkan, salah satunya dengan mengatasi salah satu hambatan terbesar dalam budidaya udang, yaitu wabah penyakit," ujar CEO dan Co-founder eFishery Gibran Huzaifah.

Salah satu komponen dalam DPS adalah disinfektan ramah lingkungan yang telah terbukti dengan cepat membunuh bakteri dan menghilangkan berbagai patogen yang dapat menyebabkan penyakit pada udang, seperti yellow head virus, white spot syndrome virus (WSSV), dan Vibrio parahaemolyticus penyebab AHPND.

Gibran menambahkan, sebagai bagian dari layanan DPS, teknisi eFishery akan melakukan pengecekan atau assessment tahap awal dengan output berupa biosecurity scoring untuk menentukan tingkat kerentanan tambak terhadap serangan penyakit.

Kemudian tim eFishery juga akan melakukan pengecekan dan analisis kualitas air tambak secara rutin serta memberikan laporan dan rekomendasi penanganan air.

eFisheryFarm menghadirkan Disease Prevention System (DPS), yakni layanan yang memberikan protokol pencegahan wabah penyakit pada tambak udang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News