Ekonom: Merger Operator Telko Kurangi Kesenjangan Digital di Luar Jawa

Ekonom: Merger Operator Telko Kurangi Kesenjangan Digital di Luar Jawa
Jaringan telekomunikasi milik Telkomsel. Foto: dok Telkomsel

jpnn.com, JAKARTA - Aksi penggabungan atau merger perusahaan telekomunikasi (telko) dinilai para pengamat dapat berdampak positif bagi transformasi digital yang tengah digencarkan pemerintah. Salah satunya mengurangi kesenjangan digital di luar Jawa. 

"Dampak positif akselerasi dan pemerataan transformasi digital akan berujung pada kesinambungan pertumbuhan ekonomi," kata Nailul Huda, Peneliti dan Ekonom Indef dalam keterangannya kepada media, Sabtu (3/9).

Transformasi digital yang booming belakangan juga dinilai masih lambat, salah satu tantangan terbesar karena masih adanya kesenjangan digital di berbagai daerah.

Hal ini tak lepas dari wilayah Indonesia yang sedemikian luas dan terpisah-pisah di pulau-pulau tersendiri sehingga menjadi pekerjaan berat yang mesti diselesaikan semua pihak.

“Perlu upaya lebih untuk meratakan pembangunan Indonesia sehingga transformasi digital bisa berjalan lebih baik dan cepat karena saat ini masih terpusat di Pulau Jawa, sedangkan kesenjangan digital di luar Pulau Jawa masih relatif tinggi,” ujarnya.

Penting karenanya adanya kolaborasi dan sinergi antara pemerintah dan swasta untuk mengatasinya. Salah satunya melalui konsolidasi atau merger perusahaan sehingga cakupan layanannya bisa menjangkau hingga daerah terpencil.

“Nah, diharapkan dari swasta, ketika terjadi konsolidasi bisa meningkatkan capex untuk memperkecil tingkat kesenjangan digital, seperti Indosat-Tri dan XL-Axis, diharapkan bukan cuma dari sisi bisnis, tetapi juga dalam mengurangi kesenjangan digital,” jelasnya.

Dengan luas geografis Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke, menurut dia, perlu kerja keras pemerintah dan swasta untuk mencapai pemerataan transformasi digital yang ideal.

Ekonom Indef mengungkapkan salah satu upaya mengurangi kesenjangan digital dengan cara merger operator telko

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News