Ekonomi Gonjang-ganjing, Kereta Cepat Jakarta Bandung Tetap 'Digas', Ini Alasan Jokowi

Ekonomi Gonjang-ganjing, Kereta Cepat Jakarta Bandung Tetap 'Digas', Ini Alasan Jokowi
Presiden Jokowi memerintahkan jajaran menteri untuk berhati-hati dalam mengambil kebijakan. Sebab, tekanan krisis finansial global yang makin tinggi.. Foto: ANTARA/Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakin Kereta Cepat Jakarta Bandung bakal menguatkan daya saing Indonesia.

"Kami harapkan dengan kereta api cepat Jakarta-Bandung ini mobilitas orang dan barang bisa menjadi cepat dan meningkat, kemudian daya saing kita juga akan makin kuat," kata Jokowi saat meninjau Stasiun Kereta Cepat Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Presiden Jokowi berharap kereta cepat Jakarta-Bandung turut memunculkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di sepanjang jalur yang dilewati.

"Kemudian ada titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Jakarta ada, di Bandung ada, kemudian di Kabupaten Bandung juga terjadi," ujarnya.

Kepala Negara menyatakan berdasarkan laporan yang diperolehnya, pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung telah mencapai 88,8 persen dari keseluruhan.

Jokowi mengakui proses pembangunan sempat menemui kendala saat pembuatan terowongan di tunnel 2 dan tunnel 11.

"Memang ada masalah karena memang tanahnya yang sangat sulit dikendalikan, tetapi alhamdulillah sekarang sudah selesai," katanya.

Presiden memperkirakan kereta cepat Jakarta-Bandung bakal rampung dan bisa mulai beroperasi medio Juni 2023.

Presiden Jokowi memerintahkan jajaran menteri untuk berhati-hati dalam mengambil kebijakan. Sebab, tekanan krisis finansial global yang makin tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News