Ekonomi Lesu, Permintaan Pelumas Industri Turun Drastis

Ekonomi Lesu, Permintaan Pelumas Industri Turun Drastis
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - BANJARMASIN – Penjualan produk pelumas industri di Kalimantan Selatan semakin menyusut. Hal tersebut tak lepas dari kondisi bisnis dan industri yang mengalami kelesuan.

“Penyusutan permintaan terjadi antara 10 persen-15 persen sejak awal 2015. Hal ini diakibatkan menurunnya aktivitas industri dan usaha pertambangan batubara di wilayah Kalselteng. Sebagaimana diketahui, sektor pertambangan batubara menjadi konsumen utama produk pelumas industri,” ungkap Sales Executive General PT Pertamina Lubricants wilayah Kalselteng, Komang Wira Kardita akhir pekan kemarin.

Komang menjelaskan, sebelum memasuki masa kelesuan usaha, permintaan pelumas industri di Kalselteng mencapai 2.500 kilo liter per bulan.

“Kalau sekarang, kami bisa jual hingga 2.000 kilo liter perbulan juga sudah bagus. Walaupun pangsa pasar di Kalsel hilang hingga kurang lebih 10 persen, kami tetap mencoba melebarkan sayap penjualan ke sektor lain. Misalnya, perkapalan dan perkebunan,” tambah Komang. (dye/jos/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Gorontalo Butuh Perda Adat

BANJARMASIN – Penjualan produk pelumas industri di Kalimantan Selatan semakin menyusut. Hal tersebut tak lepas dari kondisi bisnis dan industri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News