Ekonomi tak Menentu, 250 Pekerja Dirumahkan

Ekonomi tak Menentu, 250 Pekerja Dirumahkan
Ilustrasi Industri. Foto: JPNN

jpnn.com - TEMANGGUNG – Lima perusahaan besar di Temanggung terpaksa harus meminta karyawan libur. Hal itu dilakukan karena pemesanan barang makin sepi seiring lesunya perekonomian.

Tak kurang dari 250 buruh harus dirumahkan dari perusahaan kayu dalam kurun 1,5 bulan terakhir. Kontrak para pekerja itu memang habis. Namun, perusahaan enggan memperpanjang karena ekonomi tak menentu.

“Keputusan dari perusahaan, mereka tidak memperoleh perpanjangan kontrak. Kemungkinan kalau memang kondisi perekonomian membaik nanti mereka akan dipanggil kembali,” ungkap Kepala Bidang Bimbingan dan Pengawasan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Temanggung, Sutar Widagdo, Jumat (16/10).

Sutar menambahkan, hingga kini belum ada perusahaan yang melakukan PHK terhadap karyawan. Pihaknya sadar dengan keputusan dilematis yang harus diambil perusahaan itu.

Solusi yang akan diambil Disnakertrans adalah dengan melakukan pelatihan kewirausahaan bagi karyawan yang tak lagi bekerja. Dengan begitu, mereka bisa menciptakan lapangan kerja secara mandiri dan tidak lagi bergantung pada panggilan kerja di perusahaan. Hal ini juga diharapkan mengurangi angka pengangguran di Temanggung. (hni/jos/jpnn)


TEMANGGUNG – Lima perusahaan besar di Temanggung terpaksa harus meminta karyawan libur. Hal itu dilakukan karena pemesanan barang makin sepi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News