Ekspor Mobil Tembus 174 Ribu Unit

Ekspor Mobil Tembus 174 Ribu Unit
Ekspor Mobil Tembus 174 Ribu Unit
JAKARTA - Awan resesi yang menggelayuti perekonomian global tak mampu meredupkan sinar cerah sektor otomotif Indonesia. Karena itu, meski total ekspor Indonesia menyusut, ekspor otomotif justru melesat.

Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kementerian Perindustrian Budi Darmadi mengatakan, ekspor otomotif Indonesia memang seolah tidak terpengaruh dengan resesi ekonomi global. "Tahun 2012, ekspor CBU (completely built-up atau mobil yang diekspor utuh) menembus 174 ribu unit," ujarnya kepada Jawa Pos saat ditemui di Gedung DPR, Senin (21/1).

Menurut Budi, para produsen Indonesia cerdik membidik pasar-pasar potensial yang tidak terkena imbas parah resesi ekonomi global, sehingga demand atau permintaan di negara-negara tersebut masih tinggi. "Misalnya Afrika Selatan dan Timur Tengah, pasar di sana sangat prospektif," katanya.

Berdasar data yang diperoleh dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ekspor mobil dalam bentuk CBU sepanjang 2012 tahun lalu mencapai 174.368 unit, naik 38,5 persen dari realisasi ekspor pada 2011 yang sebesar 125.873 unit.

JAKARTA - Awan resesi yang menggelayuti perekonomian global tak mampu meredupkan sinar cerah sektor otomotif Indonesia. Karena itu, meski total ekspor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News