Elektabilitas Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo Tinggi Tetapi Rawan Tergerus

Elektabilitas Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo Tinggi Tetapi Rawan Tergerus
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bicara soal perjuangan Kartini. Ilustrasi/Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah nama para tokoh seperti Menhan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selalu digadang-gadang menjadi capres Pilpres 2024.

 Nama ketiganya mulai muncul dalam berbagai release survey.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto termasuk unggul dalam simulasi 21 nama capres 2024 berdasarkan hasil survei nasional Indikator Publik Nasional (IPN) yang diumumkan Rabu 27 April 2027.

"Survei ini menjadi gambaran ada tiga nama potensial, dan yang paling potensial Prabowo Subianto karena memiliki elektabilitas tinggi, " ujar pengamat politik Arif Nurul Imam ketika dihubungi awak media.

Selain itu dari data survei ini, juga memotret pada loyalitas pemilih yang mana tokoh elit partai menjadi pilihan dan memiliki loyalitas yang lebih tinggi dibandingkan tokoh nonparpol.

"Ini bisa jadi sinyalemen bahwa tokoh nonparpol kurang didukung karena tiket maju juga belum ada kepastian, sementara elit partai hampir pasti mendapatkan tiket," tutur Arif.

Menurut Arif, pendukung Anies dan Ganjar masih rawan tergerus karena merupakan jenis pemilih yang masih bisa bergeser. Ini karena keraguan terhadap tiket pencalonan dalam laga Pilpres.

"Karena itu, meski elektabilitas Prabowo dan elektabilitas Anies dan Ganjar terus naik, tetapi elektabilitas Prabowo jauh lebih mapan karena pendukungnya loyal atau dalam bahasa survey pemilih mantab, " kata Arif.

Peringatan terkait elektabilitas Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo jelang Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News