Ganjar Pranowo Melarang Warga Menerbangkan Balon Udara Saat Syawalan

Ganjar Pranowo Melarang Warga Menerbangkan Balon Udara Saat Syawalan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta warga tidak menerbangkan berbagai ukuran balon udara saat tradisi syawalan atau Lebaran Ketupat.

Keberadaan balon udara, kata dia, membahayakan jalur penerbangan pesawat.

"Tidak boleh ada penerbangan balon udara karena membahayakan. Jika tetap ingin menerbangkan, harus diikat dengan ketinggian tertentu, tidak boleh dilepas," kata Ganjar di Semarang, Sabtu.

Orang nomor satu di Jateng itu mengatakan larangan penerbangan balon udara tersebut berlaku di seluruh daerah di provinsi ini.

Sebagai informasi, Kota Pekalongan akan melakukan penerbangan balon udara yang merupakan tradisi syawalan masyarakat setempat dan Komunitas Sedulur Balon Pekalongan selaku panitia, memodifikasi kegiatan dengan syarat balon ditambatkan atau diikat.

Terkait dengan hal itu, Ganjar mengaku telah berkomunikasi dengan pihak Pemkot Pekalongan, bahkan hal ini bukan kali pertama sehingga dari pihak pemda juga telah mengerti aturannya.

"Diikat sehingga ketinggiannya teratur dan orang bisa melihat dengan bagus, tidak bahayakan jalur penerbangan," ujarnya.

Airnav Indonesia Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang juga mengingatkan masyarakat agar tidak menerbangkan balon udara secara liar pada tradisi perayaan Lebaran maupun syawalan karena menerbangkan balon udara yang tidak sesuai dengan regulasi bisa membahayakan keselamatan penerbangan pesawat udara.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta warga tidak menerbangkan berbagai ukuran balon udara saat tradisi syawalan atau Lebaran Ketupat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News