Elektabilitas Cak Imin Melejit Begini, Berjaya di Jawa Timur

Elektabilitas Cak Imin Melejit Begini, Berjaya di Jawa Timur
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Elektabilitas Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai kandidat calon presiden pada pilpres 2024 makin melejit berdasarkan survei terbaru PolMark Research Centre-PolMark Indonesia.

Nama Cak Imin yang belakangan senyap bahkan melesat masuk lima besar bacapres nasional dan elektabilitas wakil ketua DPR iru di Jatim mengungguli Anies Baswedan dan Khofifah Indar Parawansa.

Elektabilitas Cak Imin tergambar dalam survei PolMark Indonesia bertajuk Peta Kompetisi Menuju Pilpres 2024 yang dirilis di Jakarta, Kamis (30/3) di Jakarta.

CEO PolMark Indonesia Eep Saefulloh Fatah menyebut posisi teratas bacapres masih dipegang Ganjar Pranowo (22,8 persen), Prabowo Subianto (17,4 persen), Anies Baswedan (13,9 persen), dan Ridwan Kamil (5,2 persen), dan Muhaimin Iskandar (4,8 persen).

"Yang mengejutkan adalah masuknya nama Ketum PKB Muhaimin Iskandar yang berhasil menembus lima besar, dengan perolehan suara sebanyak 4,8 persen, padahal selama ini nama Muhaimin bahkan kerap tak masuk dalam survei dan tak jelas popularitasnya," tutur Eep.

Dari survei PolMark Indonesia, posisi Cak Imin unggul dibanding Sandiaga Uno (2,0 persen), Puan Maharani (1,7 persen) dan AHY (1,7 persen). Khofifah Indar Parawansa (1,3 persen) dan Erick Thohir (1,0 persen).

Menurut Eep, melejitnya elektabilitas Cak Imin membuat pimpinan DPR itu layak diperhitungkan sebagai salah satu bacapres dengan dukungan kuat, apalagi Muhaimin merupakan ketum parpol dengan basis para nahdiyin.

Elektabilitas Cak Imin Masuk 3 Besar di Jatim

Survei PolMark Indonesia juga menyatakan elektabilitas Cak Imin berada di posisi tiga besar di Jatim, provinsi yang kerap disebut sebagai salah satu wilayah kunci untuk memenangkan pertarungan politik.

Elektabilitas Cak Imin berdasarkan survei PolMark Indonesia terbaru melejit masuk lima besar. Dia bahkan berjaya di Jawa Timur. Begini angkanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News