Elektabilitas Ganjar dan Anies Menguat, Prabowo Bagaimana?

Elektabilitas Ganjar dan Anies Menguat, Prabowo Bagaimana?
Elektabilitas Ganjar Pranowo menguat menurut hasil survei SMRC. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo unggul di antara tiga nama potensial calon presiden atau Capres 2024.

Dalam survei SMRC pada 3—11 Desember 2022 itu, elektabilitas gubernur Jawa Tengah itu mencapai 33,7 persen.

"Ini tiga nama kompetitif katakanlah begitu menjadi calon presiden, Ganjar mendapat 33,7 persen suara, masih di posisi teratas," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam siaran YouTube SMRC TV, Selasa (20/12).

Posisi kedua teratas dalam peta elektoral tiga tokoh potensial calon presiden melalui simulasi tertutup pada survei SMRC ialah Anies Baswedan 28,1 persen, disusul Prabowo Subianto 26,1 persen.

Sementara itu, sebanyak 12,1 persen responden belum menyatakan pilihan.

Deni menyebut Ganjar juga cenderung unggul dalam simulasi semi terbuka 45 nama dengan dukungan 26,5 persen, disusul Anies 18,6 persen, Prabowo 16,8 persen, dan Ridwan Kamil 6 persen. Sebanyak 14,4 persen responden belum menentukan pilihan.

"Di bawah Ridwan Kamil, tokoh-tokoh lain elektabilitasnya tidak begitu signifikan, di bawah 2 persen," lanjutnya.

Tren dukungan semi terbuka untuk Ganjar juga cenderung menguat dari 8,8 persen pada survei SMRC Maret 2021 menjadi 26,5 persen pada bulan Desember 2022.

Hasil survei SMRC terkini menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan menguat, sedangkan Prabowo Subianto...

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News