Survei SMRC: PDIP di Puncak, Elektabilitas Demokrat Mengejutkan

Survei SMRC: PDIP di Puncak, Elektabilitas Demokrat Mengejutkan
Tangkapan layar Direktur Riset SMRC Deni Irvani. ANTARA/Syaiful Hakim.

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) periode 3-11 Desember 2022 memperlihatkan sejumlah temuan tren elektabilitas partai politik.

Pada posisi puncak, elektabilitas PDIP belum terkalahkan. Partai penguasa itu mendapat dukungan terbesar dari responden, yakni 24,1 persen.

"PDI Perjuangan terlihat unggul dalam survei Desember dengan dukungan 24,1 persen," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam siaran YouTube SMRC TV seperti dipantau di Jakarta, Minggu (18/12).

Posisi selanjutnya ditempati Partai Golkar (9,4 persen), Partai Gerindra (8,9 persen), Partai Demokrat (8,9 persen).

Lalu, PKS (6,2 persen), PKB (6,1 persen), Perindo (4,6 persen), Partai NasDem (3,2 persen), PPP (2,9 persen), dan PAN (1,7 persen).

Sementara partai-partai lain memiliki elektabilitas di bawah satu persen dalam survei tersebut.

Deni menggarisbawahi hasil temuan survei itu menunjukkan hanya tujuh partai yang meraih dukungan publik di atas empat persen.

"Temuan survei kami pada Desember ini ada sejumlah partai parlemen yang elektabilitasnya masih di bawah empat persen, sebagai batas psikologis untuk disebut cukup aman melaju ke parlemen," tuturnya.

Survei SMRC terbaru memperlihatkan sejumlah temuan menarik. PDIP tetap di puncak. Elektabilitas Demokrat mengejutkan. Begini datanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News