Elektabilitas Khofifah-Emil Melejit, Begini Pendapat Analis

Elektabilitas Khofifah-Emil Melejit, Begini Pendapat Analis
Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos/dok.JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Hasil survei Litbang Kompas menunjukkan pasangan cagub-cawaggub Jatim Khofifah Indar Parawansa -Emil Dardak elektabilitas elektabilitasnya unggul di empat dari enam zonasi wilayah, yakni mencapai 44,5 persen. Sedang pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno 44 persen.

Pengamat politik Universitas Airlangga (Unair) Fahrul Razziqi menjelaskan, tren elektabilitas Khofifah-Emil memang naik dan berpotensi untuk memenangkan Pilkada Jatim.

”Elektabilitas Bu Khofifah naiknya sangat besar. Itu perlu dipertahankan, kalau bisa ditingkatkan,” kata Fahrul.

Fahrul menyatakan, Khofifah bisa menggenjot elektabilitasnya dengan memaksimalkan pendukung Emil.

Bupati Trenggalek nonaktif tersebut dinilai pasangan yang tepat untuk mendulang suara di sejumlah wilayah.

”Sekarang yang perlu digenjot wakil dari pasangan calon. Celah itu bisa dimanfaatkan Pak Emil untuk memaksimalkan elektabilitasnya,” jelasnya.

Berdasarkan data terbaru Litbang Kompas, pasangan ini unggul di empat wilayah Jawa Timur. Mulai dari Mataraman Pesisir (Bojonegoro, Lamongan, Tuban) 54,1% dan Mataraman (Pacitan, Madiun, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, Nganjuk, Blitar, Tulungagung) di angka 47,2%.

Sedangkan di Madura (Bangkalan, Pamekasan, Sampang, Sumenep), Khofifah meraih 50,7%, dan wilayah Osing (Banyuwangi) menjadi milik Khofifah-Emil dengan 53,1%.

Elektabilitas pasangan Khofifah-Emil Dardak melejit, di sisi lain sosok Puti Guntur Soekarno dianggap tidak mengakar di Jatim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News