Elektabilitas Rendah, Irman Tetap Semangat

Elektabilitas Rendah, Irman Tetap Semangat
Elektabilitas Rendah, Irman Tetap Semangat

jpnn.com - BANDUNG - Ketua DPD RI Irman Gusman menyayangkan kualitas survei calon presiden (capres) yang marak muncul belakangan ini. Pasalnya, survei-survei tersebut terlalu fokus kepada elektabilitas dan popularitas seorang capres.

"Popularitas, elektabilitas bukan segalanya. Kalau begitu nanti jadinya presiden idol," kata Irman kepada wartawan di Bandung, Jawa Barat, Minggu (24/11).

Senator asal Sumatera Barat ini mengatakan, ada sejumlah kualitas yang harus dimiliki seorang calon presiden. Antara lain memliki visi misi yang baik, aspiratif, berintegritas, problem solver, dan track record yang bersih.

Kualitas-kualitas tersebut seharusnya tercermin juga dalam sebuah survei. Karenanya, menurut Irman, capres yang tidak berkualitas tidak perlu masuk ke dalam survei.

"Tapi survei yang ada sekarang maunya instan saja. Kita jadi terjebak dalam pemikiran yang sangat sederhana. Kalau cuma popularitas, Eyang Subur juga populer," imbuhnya.

Dalam beberapa survei, elektabilitas dan popularitas Irman memang tidak terlalu tinggi. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan niatnya untuk tetap bersaing dalam konvensi calon presiden Partai Demokrat.

"Yang penting konvensi ini pendidikan politik buat masyarakat. Bisa dilihat belum ada sejarahnya partai pemenang pemilu sebelumnya memberi kesempatan bagi non-kader untuk jadi calon," tandas Irman. (dil/jpnn)


BANDUNG - Ketua DPD RI Irman Gusman menyayangkan kualitas survei calon presiden (capres) yang marak muncul belakangan ini. Pasalnya, survei-survei


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News