Elektabilitas Wiranto Naik Berkat Iklan

Elektabilitas Wiranto Naik Berkat Iklan
Elektabilitas Wiranto Naik Berkat Iklan

jpnn.com - JAKARTA - Hasil survei Cyrus Network menunjukkan bahwa elektabilitas calon presiden (capres) Partai Hanura Wiranto mengalami peningkatan. Raihan elektabilitas Wiranto naik dari 7,5% di survei pertama menjadi 9,8% di survei kedua.

Menurut peneliti Cyrus Network, Eko David Afianto, elektabilitas Wiranto terdongkrak naik berkat aksi Wiranto dan pasangannya Hary Tanoesudibjo yang rajin turun ke lapangan atau blusukan. Selain itu iklan televisi pasangan WIN-HT itu juga memicu naiknya elektabilitas.

"Mungkin karena sosialisasi, kalau iklan itu kan memang bisa jadi pemicu, mungkin juga karena sosialisasi ke bawah secara masif," kata Eko memaparkan hasil survei di kantornya, Pejaten, Jakarta Selatan, Minggu (15/12).

Menurutnya, sosialisasi pasangan Win-HT ikut membagi-bagikan asuransi jiwa kepada masyarakat. Hal ini dianggap sebagai aksi yang menyita perhatian publik.

Untuk saat ini, sambung Eko, kenaikan elektabilitas Wiranto belum signifikan. Tetapi ia memprediksi bahwa Partai Hanura bisa menjadi partai kelas menengah dan dapat lolos dalam Parlementary Treshold (PT).

"Karena kita kan belum tahu  berapa besar energi yang dikeluarkan atas dampak kenaikannya, lagipula  kenaikannya juga enggak terlalu besar," ujarnya.

Survei Cyrus Network melibatkan 1.020 responden yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Responden yang dipilih telah berusia 17 tahun ke atas atau telah menikah.

Survei ini dilakukan dalam dua  periode, yaitu 21-27 Agustus 2013 dan 13-17 September 2013. Tingkat margin eror dalam survei ini sebesar 3.1%. (dil/jpnn)

JAKARTA - Hasil survei Cyrus Network menunjukkan bahwa elektabilitas calon presiden (capres) Partai Hanura Wiranto mengalami peningkatan. Raihan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News