Elok, Peringati HUT RI dengan Kibarkan Merah Putih di Tepi Samudra Hindia

Elok, Peringati HUT RI dengan Kibarkan Merah Putih di Tepi Samudra Hindia
TEPI SAMUDRA: Suasana upacara peringatan HUT RI ke-72 di Pantai Nampu, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri, Kamis (17/8). Foto: Iwan Kawul/Radar Solo

jpnn.com, WONOGIRI - Ribuan warga di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah berbaur dalam upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-72 kemerdekaan RI, Kamis (17/8). Yang istimewa, upacara peringatan detik-detik proklamasi digelar di Pantai Nampu, Paranggupito.

Lokasi untuk upacara di Pantai Nampu memang elok. Upacara digelar di dataran yang berada di perbukitan yang langsung bersebelahan dengan Samudra Hindia.

Tentu saja ada tujuan lain di balik penyelenggaraan upacara di Pantai Nampu. Yakni memopulerkan lokasi itu sebagai tujuan wisata.

Pelaksana tugas (Plt) Camat Paranggupito Teguh Maryono yang ditemui usai upacara mengatakan, ribuan warga dari berbagai latar belakang profesi ikut dalam peringatan itu. Ada petani, nelayan, aparat desa, pelajar hingga TNI/Polri yang ikut upacara itu.

"Kami ingin menunjukan bahwa warga Paranggupito sebenarnya adalah masyarakat pesisir. Dengan kekayaan lautnya yang luar biasa. Bukan sekadar masyarakat pegunungan," kata Teguh kepada Radar Solo. 

Setelah upacara selesai, masih ada kegiatan lain di lokasi yang sama. Yakni sarasehan dengan 100 tokoh masyarakat.

Kegiatan itu untuk menguatkan solidaritas demi pengembangan wisata di Paranggupito. "Kami punya slogan, yakni guyup rukun tumuju kuncaraning Paranggupito (bersatu padu menuju kejayaan Paranggupito, red),” beber Teguh.(rs/kwl/fer/JPR)


Ribuan warga di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah berbaur dalam upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-72 kemerdekaan


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News