JPNN.com

Embargo Senjata Iran Berakhir Oktober, Kelompok Lobi Israel Ketakutan

Sabtu, 15 Agustus 2020 – 17:18 WIB
Embargo Senjata Iran Berakhir Oktober, Kelompok Lobi Israel Ketakutan - JPNN.com

jpnn.com, WASHINGTON - Dewan Keamanan (DK) PBB pada Jumat malam (14/8) menolak resolusi yang diusulkan oleh Amerika Serikat (AS) untuk memperpanjang embargo senjata terhadap Iran.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan, kegagalan Dewan Keamanan untuk bertindak tidak bisa dimaafkan.

“Ini menolak resolusi yang masuk akal untuk memperpanjang embargo senjata selama 13 tahun di Iran dan membuka jalan bagi negara sponsor terorisme terkemuka dunia untuk membeli dan menjual senjata konvensional tanpa pembatasan khusus PBB untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade," kata dia dalam sebuah pernyataan.

Pompeo mengatakan AS tidak akan pernah meninggalkan teman-temannya di kawasan yang mengharapkan lebih banyak dari DK PBB. Sebuah sinyal yang tampaknya mengacu pada Israel.

Menurut sumber, resolusi tersebut menghadapi tekanan yang kuat dari Rusia dan Tiongkok, dua anggota DK PBB pemegang hak veto dan sekutu dekat Iran.

Kelompok lobi pro Israel yang kuat di Kongres AS, AIPAC, mengatakan pemungutan suara itu mengancam untuk semakin mengguncang kawasan itu dan bertentangan dengan kepentingan keamanan AS serta sekutunya.

Washington memperkenalkan resolusi yang direvisi ke DK PBB setelah draf sebelumnya tidak mendapat dukungan dari anggota, termasuk sekutu AS.

Presiden Iran Hasan Rouhani memperingatkan konsekuensi jika DK menerima resolusi tersebut.

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil