Emil Dardak Dicap Tak Sabaran, Tidak Tahu Dedikasi, Tercela

Emil Dardak Dicap Tak Sabaran, Tidak Tahu Dedikasi, Tercela
Emil Dardak (dua kiri). Foto: M. Fathra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia (UI) Ari Junaedi terkejut dengan pilihan politik Bupati Trenggalek Emil Dardak, yang siap maju sebagai calon wakil Gubernur Jawa Timur berpasangan dengan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur.

Pasalnya, Emil merupakan kader PDI Perjuangan yang sebelumnya telah memutuskan mengusung pasangan Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas untuk Pilgub Jatim.

"Sebagai putusan hak politik pribadi sah saja, tapi secara etika politik langkah Emil ini terkesan buru-buru, tidak sabaran serta tidak tahu arti prestasi, dedikasi, loyalitas dan tercela di mata partainya," ujar Ari kepada JPNN, Rabu (22/11).

Artinya, suami Arumi Bachsin tersebut kata Ari, "mbalelo"dengan aturan di PDI Perjuangan.

Saat ini ada sejumlah partai yang telah menyatakan mendukung pasangan Khofifah-Emil, yaitu Hanura, NasDem, Demokrat dan Golkar. Sementara pasangan Gus Ipul-Azwar Anas didukung PKB dan PDI Perjuangan.

"Saya kira keberadaan pasangan Khofifah - Dardak secara matematis politik kurang bisa bersaing dengan potensi kekuatan Gus Ipul-Anas. Pertarungan baru akan ngeri-ngeri sedap jika Khofifah dan partai-partai pengusungnya mampu menarik suara Muhammadiyah yang kuat di barat Jawa Timur. Seperti wilayah Bojonegoro, Lamongan, Tuban dan Gresik," pungkas Ari. (gir/jpnn)


Menurut pengamat, pasangan Khofifah dan Emil Dardak kurang bisa bersaing dengan Gus Ipul-Anas.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News