Empat Bulan, Jemaah Umrah Indonesia Hampir Sejuta

Empat Bulan, Jemaah Umrah Indonesia Hampir Sejuta
Jemaah umrah. Foto: JawaPos

jpnn.com, JAKARTA - Animo masyarakat Indonesia untuk menunaikan ibadah umrah terus meningkat. Data Kementerian Agama menyebutkan, dalam waktu empat bulan jumlah jemaah umrah hampir sejuta.

"Tiap tahun jumlah jemaah umrah Indonesia terus mengalami kenaikan. Tahun 1439H/2018M, total jemaah umrah Indonesia mencapai 1.050.000 orang. Tahun ini, sampai 25 April, sudah lebih 849.000 jemaah umrah," ungkap Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag Arfi Hatim di Jakarta, Jumat (3/5).

Arfi menilai, pengawasan terpadu di Bandara Soetta sangat strategis karena 60 persen keberangkatan umrah dari tempat ini.

Pelayanan terpadu di Bandara Soetta ini, kata Arfi, akan menjadi rintisan. Dia berkomitmen untuk mengembangkannya di sejumlah bandara yang menjadi titik pemberangkatan umrah.

Arfi juga mengapresiasi kesediaan Angkasa Pura menyiapkan fasilitas untuk pengawasan terpadu. Menurutnya, proses ini sudah didiskusikan sejak tahun lalu dalam rangka mengefektifkan pengawasan.

BACA JUGA: Wagub Mutasi 193 Pejabat saat Gubernur Umrah

"Kemenag terus berusaha meminimalisir terjadinya permasalahan dalam penyelenggaraan ibadah umrah dan haji khusus," tandasnya. (esy/jpnn)


Berdasar data Kementerian Agama, dalam waktu empat bulan jumlah jemaah umrah Indonesia hampir sejuta.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News