Rekrut Koki Profesional demi Manjakan Jemaah Haji RI dengan Masakan Nusantara

Rekrut Koki Profesional demi Manjakan Jemaah Haji RI dengan Masakan Nusantara
Jemaah haji Indonesia. Foto: Radar Lampung/JPG

jpnn.com, JAKARTA - Ada kabar baik dari Kementerian Agama (Kemenag) bagi yang punya kemampuan memasak. Kementerian pimpinan Lukman Hakim Saifuddin itu akan merekrut chef atau koki profesional sebagai petugas haji 1440H/2019M.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah Kerja (PPIH Daker) Mekah Arsyad Hidayat mengatakan, para chef atau koki profesional itu akan melatih para petugas masak menyiapkan makanan bercitarasa Nusantara. "Jadi ada chef atau koki profesional yang jadi petugas haji kami bawa ke sana untuk melatih dan mengecek masakan Indonesia yang akan dibuat," kata Arsyad melalui siaran pers ke media, Senin (29/4).

Baca juga:

Ini Pembagian 10 Ribu Kuota Haji Tambahan untuk 34 Provinsi

Kuota Haji Tambahan: Rencanakan Pelunasan BPIH Mulai 14 Mei

Arsyad menjelaskan, para koki profesional tersebut juga bertugas melakukan pelatihan bagi tenaga masak di sana. "Mereka akan melakukan pelatihan juga di tiga wilayah, Mekah, Madinah dan Masyair," ujar Arsyad.

Lebih lanjut Arsyad menjelaskan, pelibatan para juru masak profesional sebagai petugas haji 2019 terkait dengan adanya penempatan pemondokan jemaah dengan sistem zonasi. Menurutnya, karena ada sistem zonasi ini maka konsumsinya pun akan disesuaikan.

“Akan ada jenis konsumsi berbasis zonasi. Masakan yang akan disajikan kepada jemaah disesuaiakn dengan kampung halamannya. Ada coto makassar misalnya," tuturnya.(esy/jpnn)


Kementerian Agama akan merekrut chef atau koki profesional sebagai petugas haji 1440H/2019M.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News