Empat Perusahaan Bersaing Garap PLTU Jateng

Empat Perusahaan Bersaing Garap PLTU Jateng
Empat Perusahaan Bersaing Garap PLTU Jateng
JAKARTA - Sebanyak empat perusahaan akan bersaing untuk menggarap proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2x1000 megawatt (MW). Keempat perusahaan itu yakni konsorsium J Power dan Itochu-Adaro, Shenhua, Marubeni Corporation, serta konsorsium Guandong-Yudean. Keempatnya dinyatakan lolos kualifikasi, dan telah telah menyerahkan dokumen penawaran (bid submission) secara lengkap, tepat pada tenggat waktu yang ditetapkan tanggal 29 April 2011.

"Terdapat empat calon investor yang lolos ke tahap akhir dalam pengadaan proyek PLTU 2x1000 MW (di) Jawa Tengah. Selanjutnya, PLN akan melakukan evaluasi penawaran, dan diharapkan pada bulan Juni 2011 pemenang tendernya sduah bisa diumumkan," ucap Direktur Utama (Dirut) PLN Dahlan Iskan, melalui siran persnya, Minggu (1/5).

Keempat calon investor tersebut, kata Dahlan, selama ini dikenal sebagai pelaku bisnis energi yang mumpuni di dunia. Sehingga dengan demikian, pengerjaan proyek dengan skema public private partnership (PPP) ini diharapkan dapat berjalan lancar sesuai dengan rencana.

"Proyek PLTU Jateng 2x1000 MW dengan investasi USD 3,2 miliar atau sekitar Rp 30 triliun itu, direncanakan dapat beroperasi komersial (Commercial Operation Date/COD) pada tahun 2017 mendatang," terang Dahlan. Dia pun menyebutkan bahwa jangka waktu kontrak pembelian listrik dengan PLN atau Power Purchase Agreement (PPA) adalah 25 tahun, dengan skema Build-Operate-Transfer (BOT).

JAKARTA - Sebanyak empat perusahaan akan bersaing untuk menggarap proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2x1000 megawatt (MW). Keempat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News